BAHAYA MINYAK GORENG BEKAS YANG SUDAH TIDAK LAYAK KONSUMSI


                                                                                Create by Multitech –  Mesin Solusi Indonesia (Toko Mesin Solusindo)

Minyak goreng merupakan salah satu bahan pokok yang sangat dibutuhkan untuk memasak sehari-hari terutama untuk menggoreng aneka makanan. Biasanya ada beragam jenis minyak yang biasa digunakan untuk menggoreng. Meskipun begitu, sudah tentu kualitas minyak merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Lalu, bagaimana dengan minyak yang sudah tak layak konsumsi?

Create by Multitech –  Mesin Solusi Indonesia (Toko Mesin Solusindo)

Minyak goreng bekas atau sering kita sebut jelantah yang sudah tidak layak dikonsumsi dapat ditandai dengan beberapa karakteristik, termasuk:

1.        Aroma yang tidak sedap atau tengik

Karena sudah sering dipakai untuk memasak/menggoreng  dengan  berbagai jenis makanan, tentu minyak akan semakin kotor akibat terkena sisa tepung, bumbu atau makanan lainnya, sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap lagi

2.        Warna menjadi gelap pekat

Semakin sering digunakan, minyak goreng akan mengalami perubahan warna yang sebelumnya kuning jernih menjadi coklat bahkan menghitam

3.        Tekstur

Minyak goreng bekas yang sudah tidak layak dikonsumsi dapat memiliki tekstur yang berbeda, seperti menjadi lebih kental atau lebih cair daripada biasanya, atau memiliki partikel atau endapan yang tidak biasa.

Dan masih banyak lagi ciri ciri minyak goreng tak layak konsumsi, untuk itu pentingnya kita pahami bawasannya kualitas minyak goreng bekas yang sudah tidak layak dikonsumsi tidak lagi memenuhi standar kualitas yang diperlukan untuk dikonsumsi, dan dapat mengandung tingkat lemak trans, atau bahan kimia yang berbahaya. Mari kita sama sama menjadi smart people yang selalu memperhatikan resiko terburuk yang akan terjadi dengan makanan yang akan diolah atau dikonsumsi. Menggunakan minyak tanpa memperhatikan kualitas mungkin terlihat lebih hemat, tetapi bagaimana jika pada akhirnya menimbulkan masalah  baru seperti penyakit? Tentu jika hal itu terjadi kita akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Seperti apa dampak yang kemungkinan terjadi saat mengkonsumsi minyak goreng bekas yang sudah tidak layak konsumsi ?

Bahaya goreng bekas bagi kesehatan jika digunakan secara berulang, seperti  dapat memicu risiko kanker, obesitas, infeksi bakteri, dan penyakit lainnya. Selain itu, Menteri Kesehatan juga menginformasikan bahwa penggunaan minyak goreng bekas secara berulang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan penumpukan lemak di dalam tubuh.

Belum selesai sampai disini, perlu diketahui juga, bahwa bahaya minyak goreng bekas harus dihindari tapi membuang minyak goreng bekas sembarangan juga tidak dapat dibenarkan. Membuang minyak jelantah begitu saja akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Berikut beberapa dampak buruk yang akan ditimbulkan jika minyak goreng bekas bagi lingkungan:

1.        Menyumbat saluran air

Minyak goreng bekas yang dibuang ke saluran air akan mengendap di saluran air. Lapisan minyak itu akan menyumbat saluran pembuangan bahkan menempel dengan limbah lain sehingga membentuk gumpalan sampah.

 

2.        Merusak kualitas air dan tanah

Minyak goreng bekas yang dibuang begitu saja akan diserap tanah melalui pori-pori tanah lalu menyumbatnya. Tanah akan menjadi keras dan tingkat kesuburan tanah akan berkurang. Ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas air tanah di dalamnya.

 

3.        Mencemari sungai dan lautan

Minyak goreng bekas yang dibuang melalui saluran air akan bermuara ke sungai, danau, atau lautan. Lapisan minyak goreng bekas ini akan mengapung di permukaan air dan menghalangi sinar matahari yang masuk. Ini akan menurunkan kadar oksigen yang dibutuhkan biota laut.

 

Penggunaan minyak goreng bekas secara berulang dan membuangnya sembarangan masih sering terjadi. Hal ini karena ketidaktahuan masyarakat atau kurangnya edukasi terhadap pengelolaan limbah minyak goreng bekas yang tepat. Padahal, minyak goreng bekas yang dihasilkan dari rumah tangga maupun usaha bisa dimanfaatkan untuk di daur ulang lho, penasaran bisa digunakan untuk apa saja ?

Create by Multitech –  Mesin Solusi Indonesia (Toko Mesin Solusindo)


Create by Multitech –  Mesin Solusi Indonesia (Toko Mesin Solusindo)

Pengolahan minyak goreng bekas penting karena beberapa alasan.

Pertama, mengolah minyak goreng bekas dapat menghasilkan produk yang berguna, seperti bahan bakar diesel, bahan bakar jet, dan bahan bakar turbin. Produk-produk ini dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar fosil, yang dapat membantu mengurangi ketergantungan kita pada sumber daya non-terbarukan dan mengurangi emisi gas rumah kaca, yang dapat membantu mengatasi perubahan iklim.

Kedua, pengolahan minyak goreng bekas dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan oleh industri makanan. Minyak goreng bekas sering kali dianggap sebagai limbah dan tidak dapat didaur ulang, yang menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan jika tidak dikelola dengan benar. Dengan mengolah minyak goreng bekas, kita dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan.

Ketiga, pengolahan minyak goreng bekas dapat membantu mengurangi biaya produksi bahan bakar. Minyak goreng bekas sering kali lebih murah daripada minyak mentah, yang dapat membuatnya menjadi sumber bahan bakar yang lebih terjangkau bagi banyak orang.

Selain itu, pengolahan minyak goreng bekas dapat menghasilkan lebih banyak bahan bakar dari jumlah minyak mentah yang sama, yang dapat membantu mengurangi biaya produksi secara keseluruhan. Secara keseluruhan, pengolahan minyak goreng bekas adalah proses yang penting yang dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dari industri makanan, mengurangi ketergantungan kita pada sumber daya non-terbarukan, dan mengurangi biaya produksi bahan bakar.


Lalu bagaimana cara membedakan minyak goreng yang layak konsumsi dan minyak goreng sudah tidak layak konsumsi ?

Untuk kebutuhan rumah tangga, mungkin penggunaan minyak goreng digunakan seperlunya, namun bagaimana dengan pengusaha, terutama usaha yang selalu menggunakan minyak untuk produksi sehari – hari , menggunakan minyak sekali pakai dalam jumlah besar tentu tidak mungkin, lalu bagaimana solusi untuk pengusaha makanan agar kualitas makanan yang diproduksi tetap baik dan aman dikonsumsi semua pembeli? Salah satu cara yang bisa dipakai yaitu saring minyak goreng sebelum digunakan kembali, Hal ini dilakukan karena setiap kali minyak digunakan untuk menggoreng misalnya, didalam minyak itu akan tercampur dengan sisa sisa makan yang telah diolah seperti tepung, bumbu dll.

Cara paling sederhana untuk menilai kualitas minyak goreng bekas adalah dengan mencium aroma minyak dan mengamati warnanya. Minyak yang masih jernih dan belum berubah kekentalannya adalah minyak yang masih layak pakai. Sementara itu, semakin gelap warna minyak goreng, semakin rendah pula kualitasnya. Minyak goreng sehat dan layak konsumsi adalah minyak yang tidak mudah beku. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa minyak tersebut mengandung sedikit lemak jenuh, sehingga bisa menurunkan risiko gangguan jantung akibat penumpukan kolesterol jahat. Filter minyak goreng bekas dapat membantu menyaring partikel-partikel kecil dan kontaminan lain dari minyak.

PASTIKAN MINYAKMU BERSIH, BARU DIPAKAI !!!

Create by Multitech –  Mesin Solusi Indonesia (Toko Mesin Solusindo)

Create by Multitech –  Mesin Solusi Indonesia (Toko Mesin Solusindo)

Apa itu mesin filter minyak ?

Mesin penyaring minyak adalah mesin yang digunakan untuk menyaring minyak dari partikel dan kontaminan lainnya. Mesin penyaring minyak bekerja dengan menggunakan filter atau kertas penyaringan untuk menangkap partikel kecil dan kontaminan lainnya dalam minyak, memastikan bahwa minyak bersih dan bebas dari kontaminan. Mesin penyaring minyak dapat digunakan dalam berbagai industri, termasuk industri minyak dan gas, industri kimia, dan industri makanan dan minuman. Mereka dapat digunakan untuk menyaring minyak dari partikel kecil, seperti debu, kotoran, dan partikel lainnya, serta untuk menghilangkan bahan kimia berbahaya atau kontaminan lainnya. Jenis mesin penyaring minyak yang digunakan akan tergantung pada kebutuhan dan persyaratan spesifik dari aplikasi tertentu. Secara keseluruhan, mesin penyaring minyak adalah alat penting yang digunakan untuk memastikan bahwa minyak bersih dan bebas dari kontaminan, dan dapat digunakan dalam berbagai industri untuk berbagai aplikasi.


Bagaiamana cara mengetahui lebih detail dengan mesin ini ? 

Hubungi kami CV. Multiraya Solusindo, perusahaan yang menjual mesin mesin baik skala umkm maupun industri, kami Toko Mesin Solusindo juga menerima mesin custom, artinya kami menerima jika ada pemesanan dengan spesifikasi dari konsumen, kami siap membantu anda yang akan membuka usaha maupun mengembangkan usaha anda. Konsultasikan usaha anda  bersama kami Toko Mesin Solusindo. Kami siap melayani konsuntasi anda secara FREE.

DETAIL MESIN FILTER MINYAK - TOKO MESIN SOLUSINDO



Mesin ini tidak hanya digunakan pada minyak, tetapi juga bisa untuk minuman / sirup dan jenis produk lainnya, info lebih jelas kami persilahkan menghubungi marketing kami ke nomer yang telah tertera pada profil kami. Bagi anda yang penasaran dengan Mesin Filter Minyak, berikut kami tampilkan video cara pengoperasian mesinnya :

Create by Multitech –  Mesin Solusi Indonesia (Toko Mesin Solusindo)

SEMOGA BERMANFAAT